Bila Anda kesulitan dalam menghitung usia kehamilan, maka terdapat cara dapat mempermudah Anda tersebut. Cara yang mudah ini akan sangat bermanfaat bagi Anda ataupun seorang ibu yang sedang mengandung buah hatinya. Berikut cara mudah untuk menggunakan rumus menghitung usia kehamilan dalam minggu.

  1. Hitungan Kalender

Penggunaan hitungan kalender merupakan cara manual yang dilakukan untuyk menghitung usia kehamilan Anda. Cara ini merupakan cara yang plaing klasik dan sangat umum digunakan, tetapi Anda sendiri juga harus mengetahui terlebih dahulu siklus haid terakhirnya. Hitungan dalam kalender ni akan menggunakan haid pertama haid terakhir atau HPHT.

Setelah Anda mengetahui HPHT yang Anda miliki, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan data tersebut ke dalam rumus hitungannya yang biasa dikenal dengan nama rumus Naegele. Cara yang digunakan untuk menghitung menggunakan rumus tersebut juga dapat dikatakan mudah.

Cara manual yang dapat dilakukan oleh Anda adalah dengan dengan tanggal HPHT yang ditambah dengan angka 7. Sebentara itu untuk bulannya dikurangi 3, serta pada tahun dari HPHT tersebut nantinya akan ditambah dengan angka 1. Rumus ini dapat terbilang sangat sederhana dan juga mudah untuk diaplikasikan.

Sayangnya, penggunaan rumus ini hanya dapat dilakukan bagi Anda atau wanita yang mempunyai siklus haid secara teratur.

  1. Sistem Fundus Uteri

Rumus menghitung usia kehamilan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sistem fundus uteri. Penggunaan cara ini yakni dengan langkah pertama meraba bagian rahim terutama pada bagian yang terasa menonjol di dalam rahim tersebut. Cara ini hanya dilakukan oleh bidan maupun dokter kehamilan.

Cara penghitungannya yakni mulai dari tulang kemaluan di mana jarak dari tulang kemaluan tersebut sampai pada pundah rahim atau yang biasa disebut dengan fundus uteri sekitar 28 cm. Bila hasilnya demikian dpaat dipastikan bahwa kehamilan Anda sudah memasuki usia kehamilan 28 minggu.

Namun, bila Anda mengalami berat badan yang normal maka dapat dilakukan perhitungan dengan menggunakan kedua jari yang diletakkan dari tulang kemaluan menuju ke fundus uteri. Teori tersebut mengatakan bahwa uia kehamilan yang dimiliki oleh wanita berbobot normal diidentikkan dengan dua jari yang menandakan dua minggu usia kehamilan tersebut.

  1. Pendekteksian Gerakan Janin

Cara ini bisa dilakukan, namun tidak mempunyai keakuratan 100%. Apabila Anda sudah dapat merasakan gearakan dari janin yang bergerak di perut dapat diperkirakan kehamilan sudah memasuki usia 18 minggi atau 20 minggu kehamilan. Penghingan dengan cara ini adalah dengan menggunakan deteksi kehamilan pertama dan kedua atau seterusnya.

Demikian rumus menghitung usia kehamilan dalam minggu yang dapat dilakukan dnegan mudah. Hal yang terpenting bagi Anda adalah untuk terus menjaga perawatan kehamilan tersebut dengan mengetahui wawasan seputar kehamilan. Anda dapat memperolehnya dengan mengunjungi laman orami.co.id.